Whatsapp vs Telegram mana yang lebih baik?

Whatsapp vs Telegram mana yang lebih baik?

Whatsapp vs Telegram mana yang lebih baik? Baik Whatsapp maupun telegram, keduanya merupakan aplikasi pengirim pesan. Perbedaan yang mencolok adalah whatsapp sudah dikenal olah hampir semua pengguna smartphone baik itu android, iOS, Windows mobile, Blackberry dll. Sebaliknya telegram mungkin masih asing di banyak pengguna smartphone. Namun ini bukan perbandingan apple to apple antara Whatsapp vs Telegram, karena whatsapp lebih dulu lahir jauh sebelum telegram dirilis. Bahkan beberapa operator memberi paket bundling koneksi whatsapp.

Berikut ini editorial akan merangkum perbandingan whatsapp vs Telegram, untuk menentukan mana yang lebih baik, sehingga sobat bisa memilih menggunakan whatsapp atau telegram.

KeteranganTelegramWhatsapp
Multi-way Opt-InHarus menambah kontak atau menerima kontak sebelum mengirim pesan. Hal ini untuk mencegah nomor asing mengirim pesan yang tidak diinginkanYaYa
Tanpa Sim CardArtinya bisa digunakan walaupun dengan gadget tanpa simcard (tablet/ ipad). Namun tetap membutuhkan verifikasi ke nomor yang dipakai.YaYa
Kirim FileSEMUA TIPE FILE up to 1.5GbHanya Audio, video, image dan pdf
PlatformMobile Phone, Windows, MacOSMobile phone only
Sync to CloudPesan yang dikirim disinkronisasi dengan cloud serverSemua pesan di simpan di server TelegramPesan disimpan di device user, namun user bisa membackup pesan ke cloud google atau ke iCloud Apple
Video ChatNoYes
Multi-Device SessionAplikasi bisa diakses bersamaan dengan device yang berbeda. Yes. User bisa mengakses salah satu device, atau mengakses bersamaan. Pesan akan sinkron dengan semua device yang aktifNo. Untuk mengakses whatsaap web/desktop, aplikasi whatsapp di mobile phone harus aktif dan online
Group dan Channel1000 member256 member
Edit pesan terkirimPeasn yang dikirim bisa dirubah/ dieditYes. Karena telegram menyimpan pesan di server merekaNo.
EnkripsiMProtoend-to end encryption
APIApi memungkinkan telegram dikembangkan dengan aplikasi-aplikasi lainYesNo
Update StatusNo. Ini karena telegram fokus dengan pengirim pesan, bukan untuk sosialYes.

 

Telegram memiliki banyak fitur namun whatsapp memiliki lebih banyak user

Semenjak whatsapp dibeli facebook $USD 19juta, banyak yang mulai berpindah ke telegram dengan alasan privasi. Seperti yang kita ketahui, facebook bisa saja membagi informasi penggunanya kepada siapapun tanpa sepengetahuan kita, seperti kepetingan paman amriki.

Whatsapp yang pada awalnya menarik biaya langganan tahunan, dirilis pertama kali tahun 2009 tentu saja memiliki banyak pengguna. Sedangkan Telegram tahun 2014 baru dirilis untuk publik.

Namun sebagai aplikasi pengirim pesan, whatsapp mulai menyimpang menjadi aplikasi sosial media, dimana user bisa mengupdate status layaknya facebook, bbm twitter dll.

Hal ini tidak terjadi pada telegram (atau mungkin belum). Telegram lebih memilih fokus sebagai aplikasi pengirim pesan yang secure, fast dan tentu saja private.

Bagi penulis pribadi, update status di whatsapp adalah suatu hal yang harusnya tidak ada. Sudah terlalu banyak aplikasi sosial media, namun sangat sedikit aplikasi multi platform yang fokus hanya mengirim pesan.

Pengalaman penulis, telegram hanya membutuhkan kurang dari 50Mb space, sedangkan Whatsap lebih dari 100Mb.

Whatsapp vs Telegram mana yang lebih baik?

Bagi sobat yang ingin aplikasi yang banyak fitur dan fokus pada pengirim pesan, Telegram adalah pilihan tepat. Sobat bisa mengirim file apa saja ke klien/teman. Untuk pekerjaan, update status adalah hal yang tidak diperlukan, kecuali untuk marketing.

Namun jika sobat ingin aplikasi pengirim pesan untuk keluarga, teman dekat atau pekerjaan yang menuntut harus bersosial media, whatsapp adalah pilihan tepat. Sobat bisa update status, video call dan mengirim video atau gambar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply