Tips dan Saran Memilih Nama Domain Terbaik Yang Tepat

Tips dan Saran Memilih Nama Domain Terbaik Yang Tepat

Memilih nama domain yang tepat untuk website merupakan tahapan sangat penting untuk kesuksesan Anda dalam membangun sebuah website.
Salah memilih nama domain bisa mengakibatkan website Anda tidak dikenal, rangking yang jelek dan bisa-bisa tidak mendapat pengunjung. Itulah mengapa sangat penting bagi Anda memilih nama domain yang baik pada saat awal sebelum membangun website.
Pada artikel ini, kami akan berbagi tips yang Anda butuhkan untuk mendapatkan ide-ide menentukan nama domain yang tepat, memilih nama domain yang terbaik, dan mendaftarkan domain baru Anda ( secara gratis *).

Tips Memilih Nama Domain yang tepat

Ketika memulai sebuah blog , memilih nama domain bukanlah hal yang mudah karena Anda juga tidak ingin membuat kesalahan. Untuk mempermudah proses memilih nama domain, kami akan berbagi 8 langkah yang dapat Anda gunakan untuk memilih domain yang tepat untuk website Anda.

1. Pilih domain dengan akhiran .com

Ada banyak ekstensi nama domain baru yang tersedia saat ini, mulai dari .com, .net dan .org sampai ekstensi yang unik dan spesifik seperti .pizza, .photography, .blog dll.

Kami tetap menyarankan bagi Anda untuk memilih domain .com. Mungkin ada banyak tawaran dan promo untuk menggunakan ekstensi yang lain, namun domain .com masih yang paling ideal dan kredibel. Eksekstensi selain com bisa jadi menghambat peringkat rangking website di mesin pencari.

Domain dot-com merupakan domain yang paling istimewa. Banyak pengguna, khususnya bagi pengguna yang gaptek hanya tau bahwa internet hanya .com saja.

Misal saja domain Anda abc.info, bisa saja pengguna mengetik abc.info.com, otomatis pengguna mengarah ke info.com. Sebuah resiko kesalahan yang harus Anda hindari saat masih bisa.

Ditambah lagi, banyak keyboard ponsel yang memiliki tombol .com.

2. Nama domain sebaiknya mengandung kata kunci

Kata kunci memainkan peran penting dalam domain. Dengan menggunakan kata kunci dalam nama domain, secara otomatis memberitahu mesin pencari tentang website Anda. Didukung dengan kontent yang berkualitas dan pengalaman pengguna yang baik, kata kunci dalam domain dapat membantu peringkat website lebih tinggi di Google.

Terkadang memang sangat sulit untuk menemukan domain yang baik dengan kata kunci yang belum diambil. Anda harus kreatif dalam meracik kata kunci dan nama domain.

3. Nama domain harus singkat

Disamping pentingnya kata kunci, nama domain haruslah singkat, mudah diketik dan diingat.

Saran kami nama domain jangan lebih dari 15 karakter. Nama domain yang panjang akan susah diingat dan pengguna akan malas mengetik karena terlalu panjang.

Belum lagi, pengguna lebih rentan melakukan kesalahan saat mengetik nama domain. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi pada website Anda.

Itulah mengapa nama domain yang pendek adalah ide yang tepat sebelum memilih nama domain.

4. Nama Domain harus mudah diucapkan dan dieja.

Saat ingin memberitahu klien atau teman tentang domain Anda, sudah seharusnya Anda dapat dengan mudah menyebut dan mengejanya. Kita tidak pernah tau kapan kita diminta untuk menyebutkan nama domain kita.

Nama domain haruslah mudah dipahami, dieja dan ditulis oleh siapapun.

5. Nama domain harus unik.

Keunikan akan menjadi hal yang sulit untuk dilupa. Domain yang unik akan lebih menarik pengguna. Sebagai perbandingan dan referensi ,ada baiknya melakukan penelitian dan mencari tahu nama domain yang orang lain gunakan.

Tentu kita tidak ingin dituduh menggunakan merk dagang

Amazon.com yang dulunya hanya menjual buku, jauh lebih unik, menarik dan gampang diingat daripada “BuyBooksOnline.com”.

6. Nama domain sebaiknya tidak menggunakan tanda hubung (-)

Jangan pernah memilih nama domain dengan tanda hubung. Tanda hubung dapat menjadi tanda dari domain spam. Jangan sampai pengunjung mempunyai kesan negatif atas domain Anda.

Domain yang mengandung tanda penghubung juga rentan terhadap kesalahan ketik. Jika Anda memilih nama domain dengan tanda hubung karena domain yang Anda inginkan sudah diambil, 75% pengguna akan berakhir di situs pesaing Anda jika mereka lupa untuk mengetikkan tanda hubung.

7. Hindari huruf double.

Nama domain yang menggunakan huruf double, lebih rentan dalam kesalahan ketik. Misal, domain seperti malamminggu.com akan lebih rentan terhadap kesalahan ketik yang mengakibatkan trafik pengunjung tidak mengarah ke domain Anda.

8. Gunakan nama domain yang umum.

Ada baiknya menggunakan nama domain yang spesifik dan khusus. Hal ini karena lebih menggambarkan tentang domain Anda, namun Anda tentu tidak ingin membatasi domain Anda.

Contoh, Anda adalah penjual buah nanas, kemudian memilih domain “nanas.com” untuk memfokuskan domain dengan spesifikasi Anda. Namun akan menjadi masalah bila suatu saat Anda ingin menjual buah selain nanas. Dalam hal ini, domain nanas.com mungkin akan memberi tahu pembaca bahwa Anda hanya menjual nanas, walupun Anda mempunyai apel, mangga dan buah lainnya.

Transfer website ke domain baru memang bukan hal yang mudah dan salah dalam migrasi, bisa membuat Anda kehilangan rangking di mesin pencari

Itulah mengapa sangat penting untuk memilih nama domain yang tepat dan simple untuk website Anda.

Tempat terbaik untuk Daftar Nama Domain

Ada ratusan tempat untuk mendaftar domain. Hal ini penting karena bisa saja Anda kesulitan untuk mentransfer domain di kemudian hari.

Sama seperti dengan web hosting, harga pendaftaran domain baru bervariasi mulai dari 50 hingga 300ribuan.

Berikut adalah beberapa tempat kami sarankan untuk pendaftaran domain.

Web Hosting dengan Free Domain

Mayoritas perusahaan web hosting menawarkan pendaftaran domain. Beberapa perusahaan menawarkan pendaftaran domain gratis dengan account hosting baru.

Jika Anda baru memulai blog atau situs , maka ini merupakan alternatif yang cerdas untuk mengambil keuntungan dari penawaran ini dan mendapatkan nama domain Anda secara gratis.

Perlu Anda ketahui, bahwa sebagian besar perusahaan hosting menawarkan pendaftaran domain gratis selama 1 tahun saja. Setelah tahun pertama, pendaftaran domain Anda akan diperbarui pada biasanya sekitar stAndar setiap tahunnya.

Banyak pengguna mengambil keuntungan dari domain gratis untuk tahun pertama dan kemudian transfer domain ke yang lebih murah untuk berhemat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.