Mempercepat website wordpress dengan CDN

Mempercepat website wordpress dengan CDN

Mempercepat website wordpress dengan CDN

Banyak pertanyaan yang kami terima detail dan tutorial mempercepat website wordpress. Kami tidak serta merta bisa menjawab dengan mudah. Tidak semua user mengetahui hal teknis, namun user ingin dan berhak untuk mengetahuinya. Pertanyaan yang salah kaprah adalah “Jika sudah memakai CDN, untuk apa berlangganan hosting?”

Dalam tutorial kali ini, tim editorial akan membagikan tips tutorial mempecepat website wordpress menggunakan CDN. Tim editorial akan menjelaskan apa itu CDN dan mengapa kita memerlukan CDN untuk website wordpress. Tentunya ini merupakan salah satu cara dari serangkaian banyak tutorial bagaimana mempercepat website wordpress.

Pertanyaan mendasar tentang CDN, apa itu CDN?

CDN merupakan singkatan dari Content Delivery Network. Merupakan sebuah jaringan yang memiliki server di banyak negara (lokasi), dimana jaringan tersebut akan mengakses website kita, untuk kemudian ditampilkan kepada user yang mengaksesnya menyesuaikan dengan lokasi user yang mengakses. Bingung?

Oke, simpelnya begini. Setiap user yang mengunjungi website kita, normalnya akan langsung mengarah ke hosting tempat kita menyimpan website. Misal hosting kita servernya di USA. Maka setiap user mengakses website kita, akan langsung diarahkan ke hosting yang lokasi servernya di USA. Hal ini tentu bukan masalah jika lokasi usernya di USA, namun jika dari ASIA, terutama Indonesia, tentu ini banyak memakan source, melewati banyak hoops dan memperlambat akses website. Terkadang jika traffic sedang tinggi, hal ini bisa membuat website sangat lambat bahkan server crash.

Di sinilah peran CDN muncul karena server jaringannya. Namun yang terpenting, server CDN ada di banyak lokasi terpisah di belahan bumi. Saat menggunakan layanan CDN, kontent statis (CSS, JS, media, dll) akan di simpan di semua server CDN. Sekarang ketika user mengunjungi website kita, oleh CDN akan dialihkan ke server CDN yang terdekat dari user. Sehingga user tidak mengakses langsung ke hosting yang sebenarnya.

Dengan memakai layanan CDN, kita bisa membuat website kita menjadi lebih cepat saat diakses user dimanapun lokasinya.
Semakin user dekat dengan server CDN, semakin cepat pula akses user ke halaman website

Mengapa anda memerlukan CDN untuk website wordpress?

Jika anda membaca penjelasan di atas, sangat jelas bawah memakai layanan CDN akan membuat efek yang besar pada website anda. Berikut ini kelebihan yang akan anda dapatkan dari layanan CDN

  • Speed. Di saat memakai layanan CDN, website akan lebih cepat.
  • Crash Resistance – Saat banyak yang mengakses wesbite anda, trafik akan naik. Dengan menggunakan layanan CDN, server hosting yang kita gunakan tidak akan terbebani, karena user melewati CDN yang membagi trafik ke beberapa server CDN. Jika tidak, kemungkinan besar server hosting akan crash, hal ini biasa terjadi di shared hosting.
  • Improved User Experience – Semakin cepat akses website Anda, maka user pun bisa dengan mudah mengakases website Anda, dan tentu saja trafik akan naik.
  • Improvement in SEO – Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan rangking website Anda di mesin pencari, baik itu Google, bing, yandex, yahoo, dll adalah seberapa cepat akses website Anda. Semakin cepat maka akan mempermudah mesin pencari untuk mengindex website Anda. Analogi sederhana, ngapain mencari di website yang lambat, sedangkan website yang cepat saja banyak.
  • Security. Salah satu fitur CDN adalah keamanan yang baik, SSL, attack, dll. CDN Free akan memberikan fitur keamanan yang standar, untuk CDN berbayar mempunyai fitur keamanan yang lebih sesuai dengan harganya.

Jika target klien saya di Indonesia dan server hosting saya juga di Indonesia, apa harus menggunakan CDN juga?

Menggunakan atau tidak menggunakan layanan CDN, sepenuhnya hak Anda. Yang perlu dipertimbangkan adalah kondisi server hosting Anda. Pengalaman, menggunakan VPS server pun tidak manjamin website anda akan selalu steady dan online dengan baik. Website memang cepat dan mudah diakses, namun VPS dengan spesifikasi standar, tidak cukup untuk menghandle trafik yang tinggi dan akan membuat server crash. Dalam hal ini CDN akan sangat membantu.

Faktor kedua adalah keamanan. CDN yang gratis mempunyai fitur keamanan standar, tentu ini menghemat source dalam mengelola website Anda.

Kesimpulan

Menggunakan CDN tetap kami sarankan, dimanapun server hosting anda dan dimanapun target klien anda. CDN mempunyai fitur kemananan yang baik, caching, analisa, monitoring dll.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.