mengapa-memilih-wordpress

Apa itu wordpress dan kenapa harus wordpress?

Apa itu WordPress? Bagi Sobat yang familiar dengan dunia web design, wordpress bukan sesuatu yang asing di telinga sobat dan tidak serta merta mengernyitkan dahi saat mendengar kata wordpress.

Apa itu WordPress? Untuk siapa artikel ini ?

  • Buat sobat yang masih belum mengerti wordpress sama sekali alias mulai dari nol
  • Buat sobat yang ingin mengelola website wordpress secara sederhana

Supaya sobat tidak bingung  dengan istilah istilah yang mungkin dipakai di artikel ini, sebaiknya sobat baca artikel Apa itu Domain Hosting? Kenapa harus memiliki Domain Hosting?.

Sebelum melangkah bagian inti, sebaiknya kita memakai analogi sederhana.

Jika anda memiliki sebuah rumah, maka anda perlu membuat beberapa ruangan.  Ruang tamu, dapur, workshop jika diperlukan dan lainnya. Masing-masing ruangan memiliki pintu dan kunci masing-masing.  Hal tersebut juga berlaku dalam sebuah website.

Apa itu Frontend

Ruang tamu, teras, taman dan workshop merupakan ruang terbuka yang sebaiknya tidak dikunci sehingga setiap orang bisa masuk. Area ini biasa dikenal dengan istilah frontend. Jika kita mengetik alamat https://mcreative.co.id maka akan langsung ditampilkan area frontend yang bisa diakses oleh siapa saja.

Frontend biasanya berisi menu atas, header (kop), kontent (artikel, produk dll), sidebar (tampilan di sisi kana/kiri), Footer sidebar dan tampilan di sisi bawah.

Frontend haruslah menarik, rapi, elegant dan mudah diakses. Sehingga bisa menarik pengunjung untuk membaca lebih lama.  Pada intinya frontend adalah panggung utama.

Apa bedanya dengan Backend?

Dalam sebuah website ada banyak sekali pintu, yang terkadang digunakan oleh para hackers untuk bisa masuk ke backend website.

Bakcend merupakan ruangan khusus yang mengontrol frontend. Ingin membuat frontend seperti apa, sobat bisa melakukannya di backend. Anda ingin mengatur seberapa luas halaman? Menanam pohon? Memasang kolam dan lain sebagainya, anda bisa melakukannya di backend.

Backend haruslah aman dan terkunci, menyimpan catatan perubahan frontend, catatan siapa saja yang masuk dan lain-lain.

Berbeda jauh dengan frontend, backend sedikit lebih rumit. Sobat perlu mengenal istilah dashboard, media, post, halaman, kategori, tag, comment, tampilan, pengaturan, plugin, peralatan, user dan beberapa ruang tambahan lain.

Apa yang diolah di backend akan ditampilkan di frontend. Artikel, halaman, produk dan lain-lain.  Jika frontend adalah sebuah panggung utama, maka backend merupakan latar belakang panggung

Lalu apa itu wordpress

WordPress merupakan sebuah template CMS yang dikembangkan berbasis opensource, memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak.  Tidak perlu saya jelaskan sejarah wordpress.  Pada intinya wordpress  merupakan sebuah sistem control sebuah website.

Apa bedanya wordpress dengan website?

Saya sederhanakan langsung, website adalah sebuah rumah termasuk tanah dan alamat rumah. Sedangkan wordpress merupakan model sebuah rumah.

Bisakah menggunakan wordpress tanpa hosting dan domain?

WordPress tidak bisa digunakan tanpa hosting dan domain. Namun sobat bisa menggunakan wordpress.com yang menyediakan hosting dan domain. Ada yang gratis ada juga yang bayar.

Namun pada intinya, wordpress tidak bisa berdiri sendiri tanpa hosting dan domain.

Kenapa harus memakai wordpress?

Sebuah pertanyaan yang saya rasa harus bisa menjelaskan ke sobat. Namun saya akan menjelaskan dengan bahasa manusia yang mudah dimengerti. Kenapa harus memakai wordpress?

  • Worpdress is Easy. WordPress itu mudah. Diantara sekian banyak CMS, wordpress adalah yang paling simple dan mudah untuk dipakai dan di pelajari. Bila sobat masih mempunyai waktu, sobat bisa coba joomla, drupal, magento atau lainnya. Sobat bisa menilai sendiri.
  • Desain dan Plugin.  Wordpress mempunyai banyak sekali desain/tema dan plugin. Bahkan saking banyaknya, banyak penyedia wordpress yang membuat artikel tentang comparation / perbandingan tema  dan plugin. Tidak mudah memilih plugin dan tema yang banyak, namun lebih mudah karena banyak pilihan.
  • Search engine friendly. Struktur wordpress sangat user friendly dengan mesin pencari terkemuka, terutama google. Bagi saya ini sangat penting, agar website sobat bisa dengan mudah muncul di halaman pertama hasil pencarian google.
  • Easy Mangement. Semakin hari wordpress semakin baik. bahkan untuk update wordpress, tema dan plugin sobat tidak perlu mengerti hal teknis sama sekali karena sobat bisa mengatur autoupdater, sehingga sobat cukup fokus ke isi kontent website saja.
  • WordPress itu aman dan secure. Selama wordpress, tema dan plugin sobat selalu update, sobat tidak perlu khawatir website sobat dibobol tangan-tangan jahil. Worpdress dibangun dengan keamanan yang baik.
  • Mendukung banyak konten. WordPress tidak muluk-muluk tulisan, namun sobat bisa menyisipkan atau membuat galery gambar, video, musik, youtube, soundcloud, atau file yang lain.

So, untuk apa saya memakai wordpress??

WordPress bisa digunakan untuk banyak hal, blog, newspaper, magazine, portofolio, forum, wikipedia, toko online, video gallery, company profile atau suka-suka sobat.

Happy blogging

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.