Membuat Daftar Isi di Wordpress

#PanduanPemula Membuat Daftar Isi di WordPress

Membuat Daftar Isi di WordPress. Mungkin sobat sering mengunjungi webiste dengan tampilan wiki. Misal wikipedia.org, sobat bisa melihat bagaimana struktur kontennya pasti menyediakan Daftar Isi dari artikel tersebut.

Membuat Daftar Isi di WordPress

 Membuat Daftar Isi di WordPress

 

Manfaat Daftar Isi dalam sebuah artikel

  • Daftar isi atau table of content tentunya sangat menarik dan mempermudah pengunjung dalam membaca isi artikel.
  • Daftar isi bisa membantu pengunjung untuk langsung menuju konten yang diinginkan oleh pengunjung.
  • Daftar isi  selain mempermudah pengunjung dalam membaca, juga membantu dalam SEO, yang mana dalam hasil pencaraian, google akan secara otomatis menampilkan link jump to section . 

Cara membuat Daftar Isi di WordPress

Lalu bagaimana caranya membuat daftar isi di wordpress kemudian menambahkannya di setiap postingan atau halaman wordpress?.

  • Sobat bisa menambahkan daftar isi di wordpress secara manual. Cara ini menuntut sobat untuk mengerti custom HTML. Namun cara ini tidak mudah diterapkan untuk banyak pengguna WordPress pemula yang baru belajar WordPress.
  • Menggunakan Plugin yang tersedia di wordpress. Cara ini adalah cara termudah.

Walaupun sobat sudah mahir dalam HTML namun, tentu saja cara manual tidak akan efektif karena sobat harus memasukan satu-persatu setiap link dan target dari link tersebut.  Satu dua artikel dengan content tidak terlalu banyak mungkin akan terasa mudah, namun tentu saja memakan banyak waktu dan tenaga untuk mengedit setiap postingan, hanya untuk menambahkan daftar isi.

Membuat Daftar Isi di WordPress dengan Plugin

Sobat bisa baca #PanduanPemula Memasang Plugin di WordPress dan  #PanduanPemula Memilih plugin di wordpress. Ada beberapa plugin yang bisa sobat pakai.

Dalam sesi ini, admin akan menjelaskan cara menambah daftar isi di WordPress dengan plugin Easy Table of Content. Silahkan diinstall dan diaktifkan

Pengaturan Daftar Isi

Ada beberapa pengaturan penting yang sebaiknya sobat perhatikan

  • Enable Support. Tipe kontent seperti apa yang akan dibuat daftar isi. Secara default, daftar isi hanya ditampilkan untuk page/halaman saja. Tentunya sobat bisa mengaturnya menjadi post saja atau sesuai pilihan. Sobat bisa membaca #PanduanPemula Perbedaan Post dan Halaman.
  • Auto Insert. Di konten apa  daftar isi dibuat secara otomatis. Sobat bisa mengatur apakah daftar isi akan ditampilkan secara otomatis atau tidak.
  • Position. Sobat bisa memilih di mana dan kapan Daftar Isi akan ditampilkan. Posisi default adalah “before first heading”. Ini artinya, daftar isi akan ditampilkan sebelum tag heading pertama pada post atau page. Sobat bisa merubahnya di top, bottom atau setelah heading pertama.
  • Next option adalah untuk mengatur bagaimana daftar isi ini akan ditampilkan. Defaultnya daftar isi ditampilkan jika post atau halaman mengandung lebih dari 4 heading tags. Sobat bisa merubahnya sesuai keinginan sobat.
  • Show as Hierarchy. Bermanfaat jika tag headingnya tidak hanya satu jenis, misal bukany hanya <h1> tapi ada juga <h2>, <h3>, <h2>
  • Appearance. Pada appearance sobat bisa mengatur lebar daftar isi, float (lokasi), dan tema. Sobat bisa memilih pilihan yang ada atau bisa custom sesuai keinginan sobat.

Jika sudah diatur sesuai keinginan, sobat bisa menyimpannya dengan tombol “Save” di bagian bawah.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Plugin in akan membuat daftar isi secara otomatis sesuai kriteria yang telah sobat atur sebelumnya. Plugin akan membuat daftar isi berdasarkan “heading tags“, baik itu <h1>, <h2>, <h3>, <h2>, dst.

 

Membuat Daftar Isi di WordPress

Membuat Daftar Isi di WordPress

Namun jika tidak ingin dibuat otomatis oleh plugin, sobat bisa secara manual menambahkan shortcode berikut pada post atau page

[no_toc]

Perlu diingat, sebaiknya sobat mengaturnya secara otomatis, karena akan berpengaruh buruk jika menggunakan terlalu banyak shortcodes dalam artikel bisa menimbulkan masalah.

Done. Silahkan tinggalkan komentar jika ada pertanyaan. Share, like and leave comment

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.