Apa itu Domain Hosting

Apa itu Domain Hosting? Kenapa harus memiliki Domain Hosting?

Apa itu domain hosting? Pertanyaan dasar yang harus Sobat mengerti jika ingin membuat website, baik itu menggunakan jasa pembuatan website maupun membuat website sendiri.

Untuk siapa artikel ini?

  • Buat Sobat yang belum mengerti sama sekali tentang domain dan hosting atau sekedar mengetahui “Apa itu domain hositng?”
  • Buat Sobat yang ingin memiliki sebuah website

Penulis akan mencoba menjelaskan apa itu domain hosting dalam bahasa yang sederhana dan sobat tidak perlu mengerti hal teknis sama sekali.

Apa itu Domain Hosting?

Domain Hosting merupakan salah satu bentuk layanan yang pemakaiannya adalah dengan cara berlangganan. Domain adalah alamat internet, sedangkan hosting adalah tempat sobat menyimpan file-file website sobat

Analogi sederhana apa itu Domain Hosting?

Domain adalah alamat rumah, dan hosting adalah tanah/lahan untuk mendirikan rumah. Konten dari website adalah material dan bangunan di atas tanah tersebut. Tanpa alamat maka website sobat tidak akan pernah bisa dijangkau oleh pengguna internet. Tanpa hosting, website sobat juga tidak bisa diapa-apain karena lahannya tidak ada.

Berbeda dengan dunia nyata, yang jalan dan lahannya selalu berada di bawah, dunia maya menyediakan jalan dan lahan dari segala arah dan bisa dikatakan tidak terbatas.

Namun di sisi teknis, nama domain sebenarnya bertujuan untuk mempermudah pengguna dalam mengakses website, karena pengguna pun bisa mengakses melalui IP Adress publik sebuah website.  Lebih mudah mengetik https://mcreative.co.id dari pada http://192.168.1.1

Siapa yang mengatur domain dan hosting?

Dalam hal penyedia domain dan hosting, pemerintah telah mengaturnya di bawah naungan Pandi.id, terutama untuk domain dengan akhiran/ ekstensi ID, (id, web.id, co.id, or.id, dll).  Sedangkan domain internasional selain ID, kita bisa menyewa di penyedia domain mana saja.

Sedangkan hosting lebih fleksible, namun untuk hosting di Indonesia biasanya ada peraturan-peraturan yang membatasi hosting. Misalnya tidak boleh untuk situs yang melanggar hukum, perjudian, pornografi, kekerasan, scam dan lain-lain.

Bisakah kita memiliki domain dan hosting tanpa menyewa atau berlangganan?

Banyak klien yang bertanya, kenapa sih kok hostingnya bayar tiap tahun, domainnya juga bayar tiap tahun, apa ngga bisa sekali bayar untuk selamanya?

Oke, sebenarnya sobat tidak perlu menyewa atau berlangganan domain dan hosting, namun dengan syarat, sobat juga memiliki sumber daya dalam pengaturan, operasional dan pemeliharaan sistem, server dan jaringan untuk domain dan hosting. Malahan sobat bisa menjadi penyedia domain dan hosting. Namun perlu diingat, biaya operasional penyedia domain dan hosting tidaklah murah, bahkan sangat mahal. Kebanyakan penyedia domain dan hosting adalah reseller, artinya tidak memilik sumber daya sendiri. Hanya beberapa saja yang benar-benar memiliki sumber daya sendiri, mulai dari tenaga manusia, server, jaringan dll.

Apakah ada domain dan hosting gratis?

Untuk saat ini, beberapa penyedia hosting  sudah merubah sistem pemasaran layanan mereka. Jika dulu sobat selain menyewa hosting, sobat harus menyewa domain juga, maka sekarang sobat bisa memiliki hosting sekaligus mendapat domain gratis. Sebenarnya ini hanyalah manipulasi saja. Penyedia hosting menurunkan profit hosting atau tidak mengambil profit dari layanan sewa domain. Karena keuntungan dari layanan sewa domain, tidaklah seberapa dibanding keuntungan layanan hosting. Harga hosting sekaligus domain, intinya sih seperti itu.

Namun jika sobat benar-benar ingin yang gratis dengan layanan yang baik (kualitas dan service cenderung lebih mahal dari biaya barang), sobat bisa menggunakan penyedia blog gratis berkualitas seperti blogspot atau blog wordpress.

Happy blogging

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.